Selamat Datang!

Sabtu, 13 Februari 2010

Akibat Teknologi

BUDAYA YANG TIMBUL AKIBAT TEKNOLOGI


A. Budaya Baru Yang Timbul Akibat Teknologi
Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tidak terlepas dari pengaruh perubahan global , perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya. Perkembangan dan perubahan secara terus-menerus ini menuntut perlunya perbaikan diberbagai lini serta memerlukan sikap bijak dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri agar terwujud masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Atas dasar tuntutan tersebut perlu diupayakan peningkatan sumber daya manusia yang harus dilakukan secara menyeluruh yakni aspek – aspek moral, ahlak, budi pekerti, prilaku , pengetahuan , kesehatan , keterampilan dan seni yang bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui kompetensi teknologi, menyesuaikan diri dan berhasil di masa datang. Oleh sebab itu kita harus memiliki ketangguhan , kemandirian dan jati diri yang dikembangkan melalui belajar dan berlatih menguasai teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Globalisasi menyebabkan pergaulan antarbangsa di dunia tidak mengenal batas-batas suatu negara. Setiap orang di dunia sangat mudah untuk berhubungan dan bertukar informasi. Kebudayaan baru mempengaruhi kebudayaan lama. Kebudayaan asing mempengaruhi kebudayaan setempat. Pencampuran kebudayaan dan pergaulan dengan dunia luar menyebabkan terjadinya perubahan perilaku masyarakat. Masyarakat yang semula mempunyai gaya hidup pedesaan berubah menjadi masyarakat yang bergaya hidup perkotaan. Masyarakat yang semula memegang teguh kebudayaan daerahnya sedikit demi sedikit mulai meninggalkannya.
Contoh-contoh budaya baru yang timbul akibat perkembangan teknologi :
1. Gaya Hidup Modern
Teknologi mempengaruhi gaya hidup masyarakat . Gaya hidup merupakan pola tingkah laku masyarakat. Masyarakat menganut gaya hidup modern ada yang kurang sesuai dengan norma-norma dan budaya bangsa kita. Contoh : pergaulan bebas, minum-minuman keras, malas, suka dan bangga menggunakan produk luar, boros, dan lain-lain.
2. Malas
Zaman sekarang banyak masyarakat kita yang cara hidupnya berubah. Karena sekarang sudah banyak tersedia alat-alat teknologi yang dapat membantu mereka melakukan barbagai macam aktifitas dengan mudah, cepat, dan kualitas hasilnya baik misalnya para ibu rumah tangga menanak nasi, mencuci, menyapu dan lain-lain menggunakan alat-alat yang bertenaga listrik karena cepat, sehingga mereka malas melakukan dengan tangan mereka sendiri. Atau yang paling sering kita temui adalah banyak masyarakat kita yang suka mengkonsumsi makanan dan minuman instan yang cepat saji dengan alasan praktis selain terbentur oleh kesibukkan mereka. Sehingga segala sesuatu pekerjaan yang biasanya mereka lakukan sendiri dahulu kini diganti oleh mesin-mesin atau alat-alat canggih hasil dari teknologi.
3. Boros
Sudah pasti bahwa untuk memenuhi semua kebutuhan yang serba enak, praktis, cepat dan berkualitas tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu biasanya banyak orang sekarang ini bergaya hidup sangat materialistis, artinya uang menjadi segala-galanya. Akhirnya berbagai carapun ditempuh untuk mendapatkan uang misalnya korupsi, mencuri dan lain-lain. Hal ini jelas merupakan perbuatan yang salah karena tidak sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama dan budaya kita.
4. Gaya hidup santai
Tidak dapat disangkal lagi bahwa masyarakat kita sekarang karena banyak yang istilah trennya budaya ngaret. Hal ini disebabkan oleh semua pekerjaannya yang sulit menjadi mudah, pekerjaan yang rumit menjadi sederhana dan praktis, pekerjaan yang memerlukan waktu lama menjadi cepat, sehingga membuat mereka menganggap segala sesuatu itu adalah gampang. Secara tidak sadar mereka membiasakan diri mereka menjadi santai dan suka menunda-nunda waktu ataupun pekerjaan.
5. Hilangnya rasa malu
Seiring dengan pesatnya kemajuan berbagai bidang membuat masyarakat kita terlena terbawa arus kemajuan. Bergesernya nilai-nilai budaya setempat oleh budaya asing menyebabkan pergaulan manusia antarbangsa di dunia tidak mengenal batas-batas suatu negara. Setiap orang di dunia sangat mudah untuk berhubungan dan bertukar informasi. Pencampuran kebudayaan dan pergaulan dengan dunia luar menyebabkan terjadinya perubahan perilaku masyarakat. Masyarakat yang semula mempunyai gaya hidup pedesaan berubah menjadi masyarakat yang bergaya hidup perkotaan/modern. Masyarakat yang semula memegang teguh kebudayaan daerahnya sedikit demi sedikit mulai meninggalkannya.Mudah terpengaruh melihat sesuatu yang baru tanpa harus menyaring dan memikirkan dampaknya baik atau buruk bagi dirinya atau bagi masyarakat luas misalnya dulunya bagi kaum perempuan muslim harus menggunakan pakaian yang menutup aurat, sekarang akibat pengaruh tayangan televisi banyak kaum perempuan sekarang menggunakan pakaian yang tidak menutup auratnya, banyak remaja putri sekarang yang menggunakan pakaian yang ketat-ketat, atau banyak remaja kita yang suka minum-minuman keras, mengkonsumsi narkoba, pergaulan bebas, dan lain-lain tanpa menghiraukan nilai-nilai atau norma-norma kehidupan dalam masyarakat. Dan yang lebih parah lagi sekarang mulai lunturnya nilai akhlak dan budi pekerti pada anak-anak kita baik yang remaja maupun yang masih anak-anak misalnya dulu tradisi kita mengajarkan bahwa yang muda menghormati yang lebih tua, murid menghormati guru, anak menghormati orang tua dan lain-lain sekarang tradisi itu mulai bergeser yang muda kurang menghormati yang tua, murid kurang menghormati guru, anak kurang menghormati orang tua.
6. Ikut-ikutan.
Pada zaman sekarang nilai-nilai atau norma-norma kehidupan masyarakat dipengaruhi oleh nilai-nilai kehidupan asing. Berbagai acara televisi yang menayangkan film-film asing, acara musik, atau acara hiburannya, mempengaruhi perilaku masyarakat terutama para remaja dan anak-anak. Mereka tidak memikirkan baik buruk apa yang mereka tiru dari tayang televisi yang mereka tonton. Nilai-nilai yang bertentangan dengan adat istiadat setempat sudah dianggap biasa. Demikian pula tradisi atau adat kebiasaan yang berlaku di masyarakat mengalami perubahan. Dulu masyarakat kita lebih berpegang pada tradisi kuno yang sejalan dengan akal pikiran manusia. Sedangkan sekarang nilai dan tradisi itu berkembang menjadi berpikir yang lebih rasional dan berdasarkan ilmu pengetahuan.
7. Anarkhis
Akibat tayang televisi yang sering menayangkan film-film luar negeri yang tokoh-tokohnya memainkan peran yang keras, anarkhis dan bebas sehingga membuat masyarakat kita juga terpengaruh. Tidak jarang kita mendengar berita terjadinya kekerasan di mana-mana. Demo-demo yang memperlihatkan tindak-tindak anarkhis, teror dan sebagainya.

B. Perkembangan teknologi zaman dulu dan sekarang.
1. Teknologi Industri
Masyarakat kita dulu menggunakan teknologi sebatas kemampuan dan kebutuhan mereka saja. Semua peralatan terbuat dari bahan alam sekitar yang mudah didapat seperti batu, tenaga air, manusia, dan tenaga hewan. Semakin cerdas manusia semakin meningkat taraf hidupnya dan semakin banyak pula alat/barang yang dibutuhkan untuk memenuhi kepaerluan hidupnya. Sehingga tidak dapat disangkal bahwa ilmu pengetahuan dan sains itu telah memberikan sumbangan yang besar terhadap peri kehidupan umat manusia. Dengan ilmu pengetahuan dan sains, banyak hal yang dahulu hanya berupa khayalan belaka, kini suadah menjadi kenyataan. Lagi pula penerapan ilmu pengetahuan dan sains itu pada teknologi, telah mampu mengubah wajah kehidupan umat manusia di abad kedua puluh ini.
a. Pakaian
Saat ini misalnya industri pakaian sudah sangat banyak. Berbagai jenis pakaian dan motif dalam maupun luar negeri mudah diperoleh.Misalnya pakaian untuk bekerja, pakaian pesta, pakaian santai pakaian tidur dan lain-lain. Setiap orang mempunyai kebebasan untuk berpakaian sesuai dengan keinginanya. Pada umumnya masyarakat kita sekarang tidak menghiraukan lagi cara berpakaian yang sesuai dengan nilai-nilai agama dan kesopanan yang suadah berurat akar di masyarakat kita
b. Makanan
Karena banyak macam makanan yang dihasilkan oleh alat-alat teknologi maka masyarakat kita mempunyai banyak pilihan jenis makanan dan minuman. Baik yang masih segar sehat dan bergizi maupun yang instan serta makanan yang cepat saji. Jenis makan instan dan cepat saji ini digemari karena praktis dan sesuai dengan keadaan masyarakat kita yang cukup sibuk. Sehingga jenis makanan tradisional kita ditinggal.
c. Alat-alat rumah tangga
Sekarang sudah banyak tersedia alat-alat teknologi yang dapat membantu mereka melakukan barbagai macam aktifitas dengan mudah, cepat, dan kualitas hasilnya baik misalnya para ibu rumah tangga menanak nasi, mencuci, menyapu dan lain-lain menggunakan alat-alat yang bertenaga listrik karena cepat. Alat-alat teknologi ini diciptakan oleh manusia dengan tujuan mempermudah dan membantu kegiatan manusia. Pekerjaan yang berat menjadi ringan, yang sulit menjadi mudah dan yang rumit menjadi sederhana dan praktis.
d. Alat-alat elektronik
Alat-alat elekronik disini erat kaitannya dengan teknologi di bidang komunikasi dan informasi, pendidikan, kesehatan, pertanian, industri, ilmu pengetahuan, dan bahkan tuntutan dunia kerja seperti radio, televisi, telepon, faksimili ,telepon genggam, komputer, internet, sehingga kita dengan mudah berkomunikasi maupun mendapatkan informasi. Komputer juga merupakan alat yang diciptakan untuk membantu manusia dibidang perbangkan, kesehatan, pendidikan, biologi, teknik, militer, meteorologi, astronomi hiburan dan lain-lain.

2. Teknologi Komunikasi dan informasi
Proses berhubungan dengan orang lain disebut komunikasi, yaitu proses penyampaian berita atau pesan kepada orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam hubungan jarak dekat komunikasi biasanya dilakukan dengan cara langsung/secara lisan atau berkata-kata., sedangkan untuk berita atau pesan biasanyan menggunakan peralatan komunikasi Zaman dulu kita berkomunikasi mengunakan kentungan, beduk, api, gambar, tanda jejak, simbol, asap, burung , dan sebagainya. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang komunikasi dan informasi juga sangat cepat. Dengan memanfaatkan teknologi satelit, jangkauan komunikasi sudah mencakup hampir seluruh tempat di permukaan bumi ini.

Sekarang masyarakat kita sudah mengenal dan menggunakan tulisan, tegraf, radio, televisi, telepon, faksimili ,telepon genggam, komputer, internet, sehingga kita dengan mudah berkomunikasi maupun mendapatkan informasi.
Komputer misalnya merupakan alat yang diciptakan untuk membantu manusia dibidang perbangkan, kesehatan, pendidikan, biologi, teknik, militer, meteorologi, astronomi hiburan dan lain-lain.

3. Teknologi Transportasi
Ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang transportasi juga tidak kalah majunya. Dulu kita hanya menggunakan alat-alat transportasi yang sederhana seperti keledai, unta, kuda, lembu, gerobak, andong, pedati / dokar, perahu layar, sampan, sepeda, dan lain-lain sekarang kita sudah bisa menggunakan sepeda motor, mobil, kereta api, pesawat terbang dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar